Home > Tips > 17 Cara Mengecek yang Perlu Diperhatian Saat Membeli Laptop Bekas

17 Cara Mengecek yang Perlu Diperhatian Saat Membeli Laptop Bekas

mengecek laptop bekas

Table of Contents

Pertanyaan: Kenapa Begitu Mudah Membeli Laptop Jaman Sekarang?

Jawaban:

Sekarang itu mudah dan sudah jamannya online. Kegiatan jual beli di jaman ini sudah sangat mudah, anda tinggal klik dan bayar lalu barang pesanan anda sudah sampai. Barangnya pun beragam, mulai dari barang yang berukuran kecil hingga yang berukuran besar sekalipun seperti laptop.

Pertanyaan: Kenapa Laptop bekas bisa menjadi pilihan daripada membeli laptop baru?

Jawaban:

Laptop bisa dibilang sudah hampir menggantikan fungsi komputer dalam kegiatan sehari-hari saat ini. Memang, komputer masih cukup banyak digunakan untuk pekerjaan di kantor ataupun kegiatan gaming di rumah dan warnet, namun laptop menawarkan mobilitas tinggi dengan spesifikasi nyaris mendekati komputer.

Makin tinggi spesifikasi sebuah laptop, makin mahal pula harganya. Karena itu, salah satu jalan terhemat untuk memiliki laptop berspesifikasi tinggi adalah membeli laptop bekas.

Pertanyaan: Apa saja yang harus dicek sebelum membeli laptop bekas?

Jawaban:

    1. Masa Pemakaian yang Tidak Terlalu Lama
    2. Cek Spesifikasi
    3. Periksa Fisik Body (casing) Laptop
    4. Pastikan Tidak ada Virus
    5. Kapasitas Penyimpanan yang Lega dan Normal
    6. Garansi dan Layanan Purna-jual
    7. Baterai Bisa Tahan Lama
    8. Harga Tidak Mencurigakan
    9. Keyboard yang Masih Lengkap dan Nyaman
    10. MencobaTouchpad
    11. Suara Speaker
    12. Port Usb dan VGA yang berfungsi
    13.  WiFi Laptop masih normal
    14. Cek layar LCD tidak ada dot Pixel
    15. Kelengkapan Laptop
    16. CD/DVD drive laptop masih berfungsi (jika ada)
    17. Pastikan Belum Pernah Di OverLock

Pertanyaan: Kenapa Penting mengecek Kelengkapan Laptop sebelum membeli laptop bekas?

Jawaban:

Sebelum mengecek, tanyakan terlebih dahulu kepada penjual tentang kelengkapan laptop. Di antaranya dus, nota pembelian, kartu garansi, CD/DVD driver, charger, baterai, dan sebagainya. Untuk dus pastikan nomor serinya cocok. Ini sebagai bukti bukan dus milik laptop lain. Sedangkan baterai dan charger pastikan masih berfungsi baik.

Semakin banyak kelengkapan yang dimiliki menunjukkan bukti bahwa laptop tersebut secara keseluruhan dipakai dengan baik (tidak sembrono). Seandainya suatu saat Anda ingin menjual kembali, maka harga tidak jatuh-jatuh amat. Dan yang terakhir, sebagai bukti bukan barang curian atau hasil nyolong.

Pertanyaan: Kenapa Penting mengecek masa pemakaiannya sebelum membeli laptop bekas?

Jawaban:

Barang elektronik itu semakin lama pasti performa nya semakin menurun. Karena itu, tanyakan pada penjualnya kapan dia beli laptop itu. Kalau ada, sekalian minta nota pembeliannya dia dulu. Lihat tahun berapa laptop dibeli sehingga anda bisa tahu berapa usia laptop ini.

Pertanyaan: Masa pemakaiannya berapa tahun laptop bekas masih aman untuk dibeli?

Jawaban:

Paling lama, usia dari laptop bekas yang dibeli itu harus setahun. Selebihnya laptop akan mengalami penurunan kinerja. Kalau Anda ngeyel beli laptop bekas yang sudah lebih dari setahun, 2 tahun misalnya, Anda akan menyesal sendiri pas dipakai sehari-hari. Entah itu performanya yang tidak maksimum, atau mengalami kendala pada baterai yang relatif cepat habis.

Pertanyaan: Kenapa Penting mengecek Spesifikasinya sebelum membeli laptop bekas?

Jawaban:

Saat bertemu dengan si penjual, jangan 100% terhadap spek laptop yang dia beritahukan. Cek sendiri speknya, lewat dxdiag. Atau mungkin kalau mau cek lengkap bisa bawa software sendiri seperti CPU-Z biar hasilnya lengkap dan akurat.

Pertanyaan: Kenapa Penting mengecek Kondisi bodi casing laptop sebelum membeli laptop bekas?

Jawaban:

Sebelum melakukan pengecekan lebih jauh, anda harus cek dulu first impression-nya, yaitu pada casing-nya. Periksa seluruh bagian casing laptop yang akan dibeli. Kalau perlu, hitung jumlah goresan yang ada. Hal ini bisa menentukan bagaimana kondisi laptop pada proses pengecekan selanjutnya

Semakin banyak jumlah baret, ini mengindikasikan bahwa laptop tersebut kurang mendapat perhatian dari pemiliknya. Atau bahkan saking perhatiannya dipakai terus tetapi tidak memperhatikan aspek-aspek kesehatan laptop

Namun andai di bodinya terdapat  retakan, sudah tentu laptop bekas tersebut pernah terjatuh. Dan, tidak menutup kemungkinan, komponennya pun mengalami sedikit kerusakan yang merupakan dampak dari jatuhnya laptop tersebut

Pertanyaan: Bagaimana cara mengecek laptop bebas virus sebelum membeli laptop bekas?

Jawaban:

Virus itu sangat merugikan, mulai dari yang sederhana hingga yang tingkat internasional.sebelum deal saat ketemuan, pastikan laptopnya tidak ada virus. Untuk mengecek adanya virus bisa memakai antivirus yang terinstall di laptop tersebut.

Atau mungkin kalau mau Anda bawa installer antivirus kepercayaan Anda dan menginstallnya di laptop yang akan dibeli Atau juga bisa memakai Windows Defender apabila laptop tersebut sedang memakai OS Windows.

Pertanyaan: Kenapa Penting mengecek kapasitas penyimpanan  sebelum membeli laptop bekas?

Jawaban:

Usahakan kalau membeli laptop bekas itu penyimpanannya harus lega. Soalnya pasti akan anda pakai untuk menggunakan beberapa aplikasi sesuai kebutuhan anda. Paling tidak, laptop harus punya total penyimpanan 1 Terrabytes. Yang Cuma 500GB untuk sekarang ini sudah kurang. Ukuran-ukuran file udah mulai besar.

Pastikan juga harddisk-nya tidak terkena bad sector. Apa itu bad sector? Adalah kondisi dimana kecepatan read & write (copy move file) harddisk menjadi sangat lambat. Penyakit ini sangat merugikan. Selain lambat di manajemen file, laptop akan lag parah ketika dipakai buat menjalankan aplikasi, apapun itu.

Ada teknik cepat untuk memeriksa kondisi harddisk yaitu dengan melakukan copy-paste file menggunakan File Explorer.

Usahakan file dalam kapasitas besar. Jika proses pemindahan file berlangsung cukup lama atau tidak normal, dapat menjadi indikasi bahwa kondisi harddisk telah terpapar badsector. Kamu bisa meminta ganti dengan harddisk yang lain atau mencari laptop lain.

Pertanyaan: Kenapa Penting membeli laptop bekas yang masih punya garansi?

Jawaban:

Kalau bisa, carilah laptop yang garansinya minimal 2 tahun, biar anda bisa menikmati masanya selama setahun.

Laptop baru pasti memiliki stiker pada bagian bawah casing dan segel di salah satu bautnya. Tempelan-tempelan itu diberikan oleh pabrik pembuatnya. Fungsinya selain info tipe dan spesifikasi, juga sebagai bukti bahwa laptop belum pernah dibongkar. Jadi masih bisa klaim garansi jika waktunya belum lewat.

Jika Anda berniat membeli laptop bekas, tidak ada salahnya mengecek bagian itu juga. Mungkin stiker sudah lawas. Akan tetapi kalau tidak terkelupas berarti tandanya belum pernah di-service atau ganti komponen. Dan untuk segel pada baut pastikan ada, masih utuh, tidak sobek, atau tertimpa segel lain alias dobel.

Selain masih ada garansi, anda harus mengetahui bagaimana pelayanan purna-jual dari merk laptop yang akan anda beli. Jika pelayanannya buruk, customer service yang tidak membantu, lebih baik jangan dibeli agar anda tidak kesulitan kalau mengalami suatu kendala nantinya

Pertanyaan: Bagaimana cara mengecek baterai laptop masih tahan lama?

Jawaban:

Pemakaian laptop setiap orang pasti berbeda perilaku dan sikapnya. Cara mengeceknya mudah sekali, asalkan orangnya bisa sabar. Pakai saja laptop tersebut untuk bermain game selama 10 hingga 20 menit. Kalau persentase baterai menurun secara signifikan berarti udah tidak tahan lama. Skip saja, jangan dibeli, kalau memang nantinya laptop tersebut sering dipakai di luar ruangan yang jarang terhubung dengan sumber daya listrik.

Daya tahan baterai yang normal untuk kelas laptop bekas yang biasa-biasa, itu bisa mencapai 2 jam mulai dari 100% hingga kondisi mati. Tapi kalau hanya 1 jam atau bahkan kurang, itu menandakan bahwa performa baterai sudah buruk dan waktunya ganti

Bila menggunakan baterai bisa dicopot (removable battery), selain kondisi, cek juga keasliannya. Sedangkan kalau baterai tanam atau yang tidak bisa dilepas, pastikan tidak menggelembung pada bagian casing penutupnya. Mengapa? Menonjol adalah tanda baterai parah. Jika dibiarkan makin lama bisa menjebol komponen lain di dekatnya sampai patah.

Untuk mengetahui kondisi wear level baterai secara pasti membutuhkan aplikasi tambahan seperti HWMonitor atau BatteryCare. Dengan menggunakan aplikasi tersebut kamu melihat sudah berapa persen wear level yang dimiliki baterai laptop tersebut. Jika wear level terbaca 40%, maka berarti baterai hanya mampu menampung daya 60% dari seharusnya.

Sedangkan untuk memeriksa kondisi charger, coba kabel charger laptop ke sumber listrik. Lihat apakah proses pengisian baterai dalam kecepatan normal atau lambat. Pastikan juga kondisi kabel charger tidak terkelupas dan tidak hidup-mati sendiri ketika dipakai.

Pertanyaan: Kenapa Penting Memperhatikan Harga yang wajar saat membeli laptop bekas ?

Jawaban:

Anda patut curiga pada laptop yang dijual dengan harga yang jauh dari pasaran. mengurangi resiko laptop hasil curian atau kondisi laptop yang jelek. Ada baiknya sebelum membeli sebuah laptop, anda survei harga pasar terlebih dahulu.

Anda jalan-jalan ke beberapa marketplace yang menjual laptop dengan tipe yang anda inginkan. Anda kumpulkan data-data harga yang ada, setelah itu dibuat tabel harga terendah, tertinggi, rentan harga, dan rata-rata. Jika diluar aspek tersebut, kemungkinan laptop yang akan anda beli itu kualitasnya buruk, cepat rusak.

Pertanyaan: Kenapa Penting Memperhatikan Kelengkapan Keyboard saat membeli laptop bekas ?

Jawaban:

Keyboard merupakan hardware utama yang ada pada laptop. Walaupun ada bantuan “on-screen keyboard”, kalau layarnya tidak mendukung touchscreen pasti akan mengganggu kerja anda. Pastikan tidak ada satu pun tombol keyboard yang hilang.

Setelah dirasa seluruh tuts keyboard lengkap dan ada pada tempat yang semestinya, cobalah menekan keyboard satu-per-satu. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada tombol yang mengalami malfungsi.

Pertanyaan: Kenapa Penting mengetes kesensitivan touchpad saat membeli laptop bekas ?

Jawaban:

Karena selain keyboard, touchpad juga merupakan komponen yang utama. Meskipun fungsi dari sebuah touchpad ini bisa diwakilkan oleh mouse, tapi mouse tidak akan mampu selalu ada setiap dibutuhkan seperti touchpad

Jadi, pastikan touchpad laptop tersebut masih berfungsi dengan baik. tidak hanya berfungsi dengan baik, pastikan juga touchpad-nya masih memiliki tingkan sensitivitas yang tinggi.

Pertanyaan: Kenapa Penting mencoba Suara Speaker saat membeli laptop bekas ?

Jawaban:

Salah satu dari hardware terpenting yang ada pada laptop ialah speaker. Cek speaker dari laptop tersebut apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Pertanyaan: Kenapa Penting memperhatikan kondisi Port USB maupun VGA saat membeli laptop bekas ?

Jawaban:

Port tambahan diperlukan untuk menggunakan perangkat eksternal. Biasanya untuk menghubungkan piranti tambahan ini menggunakan Port USB sebagai penghubungnya. Kalau untuk masalah visual, biasanya menggunakan Port VGA, atau HDMI untuk kualitas output yang lebih baik

Colok semua colokan yang ada di laptop tersebut. Masukkan kabel USB untuk menghubungkan smartphone anda ke laptop tersebut. Kalau smartphone berhasil ngecas, berarti tak ada masalah untuk port USB.

Kalau memang nantinya laptop itu akan sering dipakai buat presentasi,  harus dicek juga port VGA agar tidak malfungsi ketika nanti dipakai presentasi.

Pertanyaan: Bagaimana cara mengecek WiFi laptop saat membeli laptop bekas ?

Jawaban:

Cek apakah WIFI laptop bekerja dengan baik dengan menyambungkan ke tethering dari smartphone yang kita bawa baik lewat kabel maupun portable hostpot. Kalau bisa terhubung dan mampu membuka sebuah situs web berarti laptop tersebut WiFinya bekerja secara normal

Pertanyaan: Bagaimana cara mengecek Dot Pixel pada Layar LCD Laptop bekas ?

Jawaban:

Hal ini menjadi penting karena harga LCD sebuah laptop cukup mahal , lebih baik kita pastikan kondisinya baik terlebih dahulu sebelum membelinya, dan pastikan juga tidak ada dot pixel pada layar LCD laptop tersebut.

Cara mudahnya dengan mengganti wallpaper dengan warna hitam polos kemudian perhatikan adakah selain warna hitam disana, kemudian ganti lagi dengan warna putih polos, dan pastikan lagi kondisinya baik. Periksa secara teliti semua bagian layar dan LCD, baik ketika dinyalakan ataupun saat dimatikan.Saat laptop mati, pastikan tidak terdapat bintik-bintik atau warna yang berbeda di setiap sudut layar

Sedikit tips juga saat mengecek LCD, yaitu dengan membuka-tutup secara perlahan. Layar laptop yang telah bermasalah saat digoyang-goyangkan akan lebih kendor dan mengeluarkan warna hitam atau putih. Layar yang bergelombang pun bisa menjadi indikasi bahwa layar telah mulai rusak. Periksa juga apakah ada bentuk goresan atau retakan pada layar LCD. Pastikan tidak ada diskolorisasi di setiap sudut layar.

Pertanyaan: Bagaimana cara mengecek CD/DVD drive pada Laptop bekas ?

Jawaban:

Memang tidak semua komputer portabel memiliki CD atau DVD drive. Meskipun bagi sebagian orang komponen ini tidak begitu penting, tetapi kalau Anda membeli laptop bekas perlu juga mengecek bagian ini jika memang ada. Coba pikir buat apa membeli barang yang tidak bisa digunakan? Apalagi kalau mahal.

Cara mengeceknya gampang. Tinggal buka dengan tombol atau melalui “eject”. Jika lancar berarti kondisi masih bagus. Untuk pemeriksaan apakah optik masih bisa membaca disk atau tidak, cobalah burning data ke sebuah kepingan CD. Jika hasilnya bagus, hampir dipastikan kemampuan membacanya juga masih baik.

Pertanyaan: Kenapa penting menanyakan apakah laptop bekas sudah pernah atau belum di Overlock ?

Jawaban:

Overclock sendiri merupakan kegiatan meningkatkan clock speed atau kecepatan dari suatu komponen dengan menaikkan voltase yang dikonsumsi. Hal ini tentunya akan berimbas pada umur dari komponen tersebut karena dipaksa bekerja lebih keras dari seharusnya. Tidak jarang juga overclock menghasilkan panas belebih akibat penggunaan voltase lebih besar.

Buat anda yang ingin laptopnya lebih awet dan tahan lama, tentu saja hindari laptop yang sudah pernah di-overclock baik itu prosesor, kartu grafis, maupun RAM. Jadi kamu tidak kebagian ampasnya saja, belum lama digunakan tetapi performa sudah menurun.

Pertanyaan: Bagaimana cara Aman COD dengan Penjual Laptop Bekas?

Jawaban:

  • Saat COD memilih lokasi yang ramai agar terhindar dari modus penghipnotisan maupun penodongan
  • Saat COD Membawa teman, selain menghindar modus tadi, Teman anda bisa memberikan masukan kepada anda tentang kondisi laptop yang akan dibeli
  • Membeli dari orang yang terpercaya, Dari pada COD dengan orang yang tidak anda kenal lebih baik mencari laptop bekas dari orang yang anda kenal baik tawar laptop bekas mereka untuk anda beli.
  • Jangan Lupa untuk meminta dibawakan struk pembelian awal laptop bekas anda ke penjual sebelum COD sehingga anda tau tepatnya laptop tersebut berapa lama masa pemakaiannya dan masih berlaku tidaknya garansi laptop

Leave a Reply